Memahami VALVE BESERTA JENIS- JENISNYA

Memahami Valve Beserta Jenis- Jenisnya– Valve ataupun diucap dengan katup ialah suatu fitur yang mengendalikan, memusatkan ataupun mengendalikan aliran dari sesuatu cairan baik berbentuk gas, cairan, padatan terfluidisasi dengan membuka, menutup, ataupun menutup sebagian dari jalur alirannya.

Buat mengoperasikan valve bisa secara manual dengan mengganti posisi sudut suatu pegangan ataupun tuas, pedal ataupun

roda. Di dalam bidang industri serta dunia mekanikal elektrikal tidak hanya manual, valve banyak digunakan sistem pengoperasian secara otomatis dengan pengontrol, antara lain yakni dengan tenaga hydraulik, pneumatik dan elektrik.

Tipe– Tipe DARI VALVE Ataupun KATUP Dapat DISIMAK BERIKUT INI:

1. BALL VALVE Jual Valve Surabaya

Ball Valve ini dapat dioperasikan pada fluida yang mempunyai temperatur- 450°F hingga- 500°F. Ball valve yakni jenis quick opening valve yang cuma membutuhkan 1/ 4 putaran dari posisi tertutup penuh ke terbuka penuh.

2. GATE VALVE

Gate Valve ini didesain buat membuka dan menutup aliran dengan metode tertutup rapat serta terbuka penuh. disebabkan sistem kerjanya cuma membuka serta menutup, hingga valve ini sangat tidak sesuai buat mengendalikan debit aliran sebab kurang akurat dalam mengendalikan volume aliran di dalam pipa.

3. PLUG VALVE

Plug Valve memiliki guna yang sama dengan gate valve ialah dengan menutup ataupun membuka aliran secara totalitas. Hendak namun, sebagian pengaplikasian tipe valve ini cuma dipakai buat mengendalikan aliran gas, semacam transportasi gas lewat pipa.

4. DIAPHRAGM VALVE

Diaphragm Valve memiliki kelebihan ialah memiliki aliran yang tenang dan fluida hendak mengalir tanpa hambatan, valve tipe ini baik buat flow control dan penutupan aliran yang sangat rapat walaupun di dalam jalan pipa tercantum suspended solid. Diaphragm valve sangat sesuai dipakai buat fluida yang korosif, viscous material, fibrous materials, sludges, solids in suspension, gas dan hawa bertekanan.

5. GLOBE VALVE

Globe Valve yakni valve yang mempunyai arah gerak linier serta dirancang bagaikan stopping( menghentikan aliran), membuka aliran serta mengendalikan aliran. Disk globe valve dapat betul- betul menutup suatu aliran.

6. BUTTERFLY VALVE

Butterfly Valve merupakan tipe valve yang mempunyai desain yang simpel serta biasanya hanya dipakai buat aliran bertekanan rendah. Desainnya yang sangat simpel tersebut, sehingga dalam mengendalikan aliran, buat membuka penuh serta menutup penuh cuma dibutuhkan 1/ 4 putaran.

7. PRESSURE REDUCING VALVE

Guna utama dari Pressure Reducing Valve ini yakni buat melindungi supaya tekanan dalam sistem perpipaan senantiasa konstan, metode kerjanya yakni dengan merendahkan tekanan dari sumber yang memiliki tekanan lebih besar.

Baca Juga : Apakah Gaming Jahat? Balasan yang Tepat untuk Kritikus yang Tidak Adil

8. PRESSURE RELIEF DEVICE

Pressure Relief Device digolongkan bagaikan safety valve, dipakai buat menghindari terbentuknya tekanan kelewatan pada sistem proses piping serta menghindari terbentuknya kehancuran perlengkapan. Terdapat 2 tipe safety valve, ialah relief valve serta pop valve. Relief valve dipakai buat membebaskan tekanan yang berlebih sebaliknya pop valve dipakai buat aliran bertekanan besar. Hendak namun kedua tipe ini hendaknya tidak dipakai apabila fluida bertabiat korosif, mengaitkan back- pressure, mengaitkan pressure control ataupun bypass valve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top