Kualitas Dan Polusi Air

Air murni adalah senyawa hidrogen dan oksigen. Itu tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Itu ada sebagai cairan pada suhu kamar.

Air – apa yang dikandungnya:

Air memiliki organisme dan zat hidup dan tidak hidup di dalamnya. Organisme hidup dapat dibagi lagi menjadi makro dan mikro organisme. Organisme makro, yang bersifat biologis, adalah organisme yang terlihat dengan mata telanjang atau dapat dilihat melalui mikroskop.

Sebaliknya, mikro-organisme mikrobiologis tidak terlihat bahkan melalui mikroskop.

Kriteria kualitas air:

Kualitas air merupakan fungsi dari beberapa faktor. Ini termasuk sumbernya, lokasi, kondisi geologi, kedalaman permukaan air, perubahan musim, aktivitas domestik, aktivitas pertanian, aktivitas industri, dll.

Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan penggunaan kemajuan teknologi tanpa mempedulikan ekologi berdampak buruk pada udara, air dan tanah, sama-sama.

Zat yang ada di air dapat diklasifikasikan sebagai materi mengambang dan materi tersuspensi. Materi mengambang berupa daun, ranting, organisme mati, dan alga. Contoh zat tersuspensi yang ada dalam air adalah lanau, tanah liat, bahan nabati yang membusuk, bakteri, mikroorganisme, alga, besi tidak larut, dan mangan.

Ada juga pengotor terlarut yang meliputi gas seperti karbon dioksida, hidrogen sulfida, dll., Serta zat kimia, mineral, dan garam.

Sumber air dan kualitas air:

Kualitas air berbeda menurut sumbernya. Misalnya, kekeruhan di air permukaan biasanya tinggi, sedangkan air tanah dan air bawah tanah di dasar sungai tidak berwarna dan jernih. Sekali lagi, air sub-tanah dan air tanah lebih cenderung memiliki padatan terlarut total daripada air permukaan. Adanya kesadahan, alkalinitas, fluorida, klorida, dan nitrat lebih mungkin terjadi di air tanah daripada di permukaan air atau di bawah tanah. Bakteri dan bahan organik lebih mungkin ditemukan di permukaan air daripada di air tanah atau di bawah tanah.

Polusi air:

Air sangat penting untuk kehidupan, seperti udara. Seseorang mungkin hidup tanpa udara selama beberapa menit. Tapi, tanpa air, seseorang pasti mati dalam beberapa hari. Kita semua tahu tentang polusi udara. Polusi air juga merupakan anugerah manusia modern untuk anak cucu.

Bagaimana air tercemar:

Pencemaran sumber air disebabkan oleh limbah dan kotoran dari pemukiman manusia, pembuangan limbah padat, limbah cair dari industri, dan bahan kimia di bidang pertanian. Ketika bahan asing yang berbahaya bagi kita ditambahkan, airnya pasti akan tercemar. Dua bahan asing yang mudah terlintas dalam pikiran adalah limbah industri dan limbah dari kota.

Mengapa kita membutuhkan air yang baik:

Kita membutuhkan air yang baik untuk diminum oleh manusia dan hewan, mendukung kehidupan akuatik, menghasilkan tenaga listrik, mengairi tanaman di ladang, dan rekreasi seperti olah raga berbasis air.

Dengan demikian, kebutuhan akan pengolahan air limbah oleh

kontraktor ipal dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top