3 Syarat Promosi Produk Yang Efektif Mendatangkan Penjualan

Setidaknya ada 3 syarat yang perlu dipenuhi jika Anda ingin cara promosi produk ini efektif mendatangkan penjualan . 3 Syarat tersebut antara lain :

Menjangkau sasaran yang tepat
Penawaran harus menarik
Kemudahan dalam bertransaksi.
Berikut rincian dan penjelasan dari 3 syarat di atas.

#1 Menjangkau sasaran yang tepat
Supaya promosi produk Anda efektif mendatangkan penjualan, maka syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah pastikan Anda menjangkau sasaran yang tepat promosi usaha .

Artinya begini, sasaran atau target market yang Anda bidik itu haruslah sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Misalkan Anda jualan popok dewasa. Sama-sama popok tetapi Anda mempromosikannya ke ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Jelas promosi Anda tidak menjangkau sasaran yang tepat.

Memang ada kemungkinan ibu-ibu tersebut membeli popok dewasa karena kebetulan punya orang tua yang membutuhkan. Tetapi kalau melihat waktunya, peluangnya akan sangat kecil dan jumlahnya tidak banyak. Ibu-ibu yang baru melahirkan akan fokus pada bayi nya sehingga tidak terlalu butuh membeli popok dewasa.

Contoh lainnya dari menjangkau sasaran yang tepat ini. Misalkan Anda menjual peralatan masak yang harganya dikisaran Rp1 juta ke atas. Kemudian Anda promosikan alat masak Anda ke arisan ibu-ibu secara kredit selama 5x dalam 5 bulan. Itu berarti cicilannya hanya Rp200 ribu per bulan. Sehingga harga yang dibayarkan nantinya bisa lebih ringan daripada membayar secara cash.

Bagi ibu-ibu mungkin ini penawaran yang sangat menarik. Namun belum tentu ibu-ibu arisan akan membelinya. Mengapa? karena Anda melakukan promosinya di kampung yang sebagian besar penduduknya bertani. Bagi mereka uang Rp200 ribu per bulan hanya untuk alat masak itu terlalu mewah. Mereka memang butuh alat masak, tetapi tidak seperti alat masak yang produknya Anda tawarkan.

Beda cerita kalau Anda mempromosikannya ke arisan ibu-ibu di kompleks perumahan menengah ke atas. Kalau Anda mempromosikannya di sini, maka peluang terjadinya closing sangatlah tinggi. Karena Rp200 ribu per bulan itu relatif kecil untuk mereka dan bagi mereka memiliki alat masak seharga Rp1 juta itu mungkin adalah sebuah kebanggaan, biarpun mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Baca Juga : Kontraktor Rumah Yang Dapat

Itulah contoh dari menjangkau sasaran yang tepat. Maka dari itu, kalau Anda ingin mempromosikan produk yang efektif mendatangkan penjualan maka jangkaulah sasaran yang tepat lebih dulu.

#2 Penawaran harus menarik
Untuk bisa efektif mendatangkan penjualan, promosi produk ke sasaran yang tepat saja tidak cukup. Anda juga harus memberikan penawaran yang menarik untuk target market Anda. Penawaran yang tidak hanya menarik tapi juga tidak bisa mereka tolak. Percuma saja sasaran Anda sudah tetap kalau penawaran Anda tidak menarik bagi mereka.

Ini sama seperti Anda memancing di kolam yang banyak ikannya, tetapi umpan Anda tidak menarik bagi ikan-ikan tersebut. Sekuat apapun Anda mencoba ya tidak bakalan dapat ikan selama umpan Anda tidak menarik.

Lalu bagaimanakah supaya penawaran dari promosi produk ini menarik? Ada banyak cara untuk membuat penawaran yang menarik. Terkait hal ini kami sudah membuat sebuah artikel yang berjudul Kumpulan Contoh Kata-Kata Promosi Bisnis Online Paling Efektif Dan Siap Pakai.

Silakan Anda kunjungi dan baca artikel tersebut. Ada beberapa contoh kata-kata promosi di sana. Anda boleh menggunakannya untuk membuat penawaran yang menarik. Anda tinggal mengcopy, memodifikasinya dan mempromosikannya.

#3 Kemudahan dalam bertransaksi
Di dalam cara mempromosikan produk. cara terakhir supaya efektif mendatangkan penjualan adalah dengan memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Anda sudah menjangkau sasaran yang tepat. Anda sudah memberikan penawaran yang menarik dan ternyata target market Anda sangat tertarik dengan penawaran Anda. Tetapi untuk melakukan transaksi sangat merepotkan.

Contoh yang paling sering terjadi adalah tentang rekening bank. Anda sebagai penjual hanya punya 1 rekening bank. Sedangkan calon pembeli Anda bank-nya berbeda dengan bank yang Anda pakai. Biarpun kalau transfer hanya akan memotong saldo sekitar Rp7.500 banyak yang tidak mau melakukannya. Sehingga transaksinya batal gara-gara beda bank.

Contoh lainnnya, terkait alat masak tadi. Ada banyak ibu-ibu arisan yang bersedia membeli alat masak yang Anda promosikan. Tetapi untuk pembayarannya mereka harus datang langsung ke kantor Anda. Tidak ada cara lain, misalkan transfer bank atau ada orang yang mengambil uang mereka di rumah.

Kalau orangnya sibuk tentu saja transaksi tersebut akan batal karena tidak ada kemudahan dalam bertransaki.

Beda cerita kalau Anda memberikan fleksibilitas dalam bertransaksi. Misalkan bayar di minimarket bisa. Lewat kartu kredit bisa bahkan lewat dompet digital (eWallet) juga bisa. Kemudahan bertransaksi seperti ini akan meningkatkan peluang terjadinya penjualan dari promosi yang Anda lakukan.

itulah 3 syarat yang harus dipenuhi kalau Anda ingin cara promos produk Anda efektif mendatangkan penjualan. Berikutnya kita akan masuk ke pembahasan inti terkait promosi produk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top